4 Langkah Melestarikan Kreasi Seni Budaya Daerah, Ketahui dan Dalami!

Mokapog – Bagaimanakah cara melestarikan kreasi seni wilayah? Tentu saja hal itu kerap ditanya karena kreasi seni wilayah sebagai salah satunya cabang seni rupa yang memiliki keunikan dari background riwayat di suatu wilayah. Biasanya kreasi seni wilayah jadi identitas dari satu wilayah.

Namun di zaman digital ini, kreasi seni wilayah mulai terkikis jaman karena kalah akan keberadaan budaya barat yang mulai menjalar. Supaya masih tetap exist, ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan untuk melestarikan kreasi seni wilayah supaya tidak hancur demikian saja ditelan jaman.

Lalu, bagaimanakah cara melestarikan kreasi seni wilayah di zaman digital ini? Untuk memperjelasnya, baca ringkasan di bawah ini.

4 Langkah Melestarikan Kreasi Seni Budaya Daerah, Ketahui dan Dalami!

1. Mengenali dan pelajari kreasi seni wilayah

Perlu dimengerti, ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan untuk memperkenalkan kreasi seni wilayah yakni lewat info di buku, instansi resmi seperti sekolah dan lewat media tv maupun basis media sosial.

Biasanya, bila satu kreasi seni budaya telah dikenali di lingkungan wilayah, rasa ingin ketahui dan belajar pada kreasi seni itu akan ada. Oleh karena itu, memerlukan pemberian info secara masif di beberapa baris periode mengenai kreasi seni wilayah harus mulai jadi perhatian.

2. Dokumentasi melalui video atau foto

Di zaman digital sekarang ini, salah satunya langkah terbaik yang dapat dilaksanakan untuk melestarikan kreasi seni wilayah dengan mendokumenkan. Dokumentasi itu dapat dilaksanakan tiap ada pertunjukan atau atraksi kreasi seni wilayah baik lewat photo atau video.

Seperti yang dijumpai, video dan foto menjadi satu diantara elemen dokumentasi terbaik yang tidak akan terkikis oleh waktu. Ditambah di zaman digital saat ini, video atau foto bisa disimpan rapi tanpa cemas datanya akan hancur.

3. Menebarkan di internet

Perubahan jaman makin cepat dan hebat dengan demikian makin gampang memperoleh dan menebarkan info. Internet yang datang di tengah kita memberi imbas positif untuk menolong menebarkan beragam info menarik terhitung info mengenai kreasi seni wilayah.

Ada media sosial bisa menolong untuk melestarikan kreasi seni wilayah itu, baik dokumentasi lewat video atau foto.

4. Mengajari kreasi seni wilayah masing-masing

Supaya pengetahuan dan kepiawaian dalam peragaan kreasi seni wilayah tidaklah sampai luntur. Alangka baiknya kalau mengajari kreasi seni wilayah pada angkatan muda.

Dengan demikian angkatan muda menjadi angkatan penerus yang bukan hanya tahu tetapi bisa juga mengenali, pahami, mempraktikkan agar dapat menyukai kreasi seni wilayahnya hingga kedatangan kreasi seni wilayah tidak terkikis jaman.

Itu 4 langkah simpel melestarikan hasil kreasi wilayah. Silahkan bersama menyukai produk kreasi wilayah mulai dengan memakai produk kreasi wilayah.

Updated: 3 Desember 2023 — 3:30 pm