Daftar Peninggalan Budaya dari Kulineran Sampai Wastra dan Rekreasi Jawa barat

Mokapog – JAWA BARAT – Daftar Peninggalan Budaya dari Kulineran Sampai Wastra dan Rekreasi Jawa barat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat umumkan daftar peninggalan budaya tidak benda [WBTB] Jawa barat tahun 2022. Dalam daftarnya ada 37 peninggalan budaya tidak berbeda dimulai dari kesenian, kulineran, sampai upacara tradisi.

Penentuan ini sebagai salah satunya wujud perhatian pemerintahan membuat perlindungan kebudayaan nasional termasuk di Jawa Barat, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan propinsi Jawa Barat Benny Bachtiar diambil dari Di antara.

Kami mengharap dengan potensi-potensi yang dipunyai ini hari dapat memberi semangat untuk meningkatkan seni adat yang ada. Selainnya itu menjadi kemampuan ekonomi baru di bidang kebudayaan. Tentu saja dapat menjaga beberapa seniman dan budayawan.

Daftar Peninggalan Budaya Tidak Benda Jawa barat

Berikut 37 daftar peninggalan budaya tidak berbeda peninggalan seni budaya tidak benda Jawa barat:

Kulineran :

  • Bubur Suro [Cirebon]
  • Dodol ketan Kasepuhan Banten Kidul [Sukabumi]
  • Doger [Subang]
  • Empal gentong [Cirebon]
  • Galendo [Ciamis]
  • Moci [Sukabumi]

Wastra :

  • Batik Garutan [Garut]
  • Batik Sukapira [Tasikmalaya]

Disamping itu ada pula kesenian wilayah sebagai peninggalan budaya tidak berbeda peninggalan budaya tidak benda Jawa barat, yakni: adzan pitu [Cirebon], bangreng [Sumedang], Bedog Cikeruh [Sumedang], Berokan Dermayu [Indramayu], Calung renteng [Jabar Priangan], celempung [Jawa-Barat], Cigawiran [Garut], Cikeruhan [Sumedang], Degung [jawa-barat].

Ada pula genjring royok tepak lima [Ciamis], goong renteng [Jawa Barat], Grebeg syawal [Cirebon], Hajat Laut [Pangandaran], Jamasan [Cirebon], Kacapi Suling [Jawa Barat priangan], Kendang Sunda [Jawa Barat].

Daftar yang lain ialah Ketok Tilu [Jawa Barat Priangan], Kiliningan [Jawa Barat Priangan], longser [Jawa Barat priangan], Merlawu Situs Kabuyutan Gandoang [Ciamis], Ngunjal Kasepuhan Banten Kidul [Sukabumi, Maca Babad [Cirebon].

Daftar peninggalan budaya tidak benda Jawa barat meliputi Ronggeng amen [Ciamis, Sawn Daerah Banceuy [Subang], Surak Ibra [Garut], Tari Bedaya Rimbe [Cirebon], Upacara Pamitan [Bandung Barat], dan Upacara Serepan Patalekan [Bandung Barat].

7 Referensi Tujuan Rekreasi di Bandung yang Romantis

Bandung sebagai salah satunya tujuan rekreasi romantis yang menjadi tujuan bulan madu banyak pasangan. Ada banyak referensi tujuan rekreasi di Bandung yang romantis, yang dapat Anda datangi bersama yang tersayang.
Telah jadi rahasia, Bandung menjadi satu diantara tujuan rekreasi favorite di Indonesia. Dari beragam arah rekreasi yang berada di Bandung, salah satunya menyuguhkan situasi yang romantis.

Tujuan rekreasi yang romantis ini sudah pasti benar-benar pas bila dicicipi berdua bersama pasangan, apa lagi bila Anda tengah nikmati bulan madu.

Menariknya kembali, selainnya tawarkan keelokan alam yang memikat, Bandung mendatangkan bermacam kulineran yang hendak menganakemaskan lidah.

Tidak cuman hanya itu, fasilitas dan prasarana model transportasi bisa juga didapat secara mudah bila Anda memilih untuk pilih Bandung sebagai arah tujuan rekreasi.

Dikutip dari beragam sumber, berikut sejumlah referensi rekreasi Bandung yang pas dicicipi bersama pasangan.

1. Floating Pasar Lembang

Nikmati situasi Jepang tak perlu ke Jepang sekarang dapat Anda peroleh di Kyotoku, Floating Pasar Lembang.

Selainnya pertunjukan tarian Jepang, di Kyotoku Anda bisa juga sewa pakaian ciri khas Jepang pada harga yang paling dapat dijangkau. Tidak itu saja, Anda bisa juga sewa pakaian ciri khas Korea juga.

2. Orchid Forest Cikole

Romantis benar-benar sama dengan bunga. Sudah lama bunga dipakai untuk mengatakan hati cinta pada musuh tipe.

Ada di atas ketinggian 1.500 mdpl, Orchid Forest Cikole menyuguhkan situasi dan udara yang asri dan bersih, dengan panorama bunga anggrek yang memesona. Situasi ini pasti benar-benar prima untuk dicicipi bersama pasangan.

3. Dago Dreampark

Dago menjadi satu diantara teritori yang banyak memiliki tujuan rekreasi, satu diantaranya ialah Dago Dreampark.

Nikmati cantiknya panorama alam yang asri dengan perahu bersama pacar tentu jadi pengalaman yang membahagiakan.

4. Tafso Barn

Masih berada di Lembang, Tafso Barn referensi tujuan rekreasi di Bandung yang romantis selanjutnya.

Tempat ini mendatangkan pengalaman berekreasi kulineran yang tidak kalah mengagumkan dibandingkan dengan tujuan rekreasi yang lain yang ada di Bandung.

Dengan ide outdoor yang menyuguhkan panorama Kota Bandung di atas bukit, Tafso Barn benar-benar pas untuk Anda cicipi bersama pasangan.

5. Goldstar 360

Bandung dikenal juga sebagai salah satunya tujuan rekreasi kulineran yang paling patut untuk Anda coba.

Goldstar 360 yang berada di Sukajadi, Bandung ini menghadiahi pengalaman nikmati makanan dalam gua, seperti kembali lagi ke jaman batu.

6. Kebun Begonia Lembang

Kembali lagi berada di Lembang, Kebun Begonia mendatangkan cantiknya bunga begonia asal Bali. Cantiknya bunga begonia yang bersatu dengan cantiknya alam jadi favorit di tujuan rekreasi Lembang satu ini.

Tidak pakai repot untuk cari spot photo yang instagramable. Masalahnya Kebun Begonia mendatangkan banyak spot untuk mendokumentasikan peristiwa bersama orang tersayang.

7. Daerah Cai Ranca Upas

Berada di Ciwidey, Daerah Cai Ranca Upas jadi referensi tujuan rekreasi di Bandung yang romantis paling akhir, yang cocok untuk dicicipi bersama pasangan.

Berada di lokasi yang masih asri dan jauh dari keramaian, Daerah Cai Ranca Upas tawarkan pengalaman bermain bersama sekawanan rusa.

Tidak cuman hanya itu, Anda bersama pasangan bisa juga kemping sambil nikmati keelokan panorama yang paling mengagumkan.

Di tengah-tengah wabah Covid-19, perjalanan rekreasi masih digolongkan sebagai perjalanan bukan genting, hingga seharusnya tidak dilaksanakan untuk menahan penebaran dan penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah yang kurang sarana kesehatannya.

Bila akan lakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, janganlah lupa mematuhi prosedur kesehatan penangkalan Covid-19, dengan kenakan masker, membersihkan tangan, dan jaga jarak fisik antarpengunjung. Tidak boleh tiba saat sakit dan pulang pada kondisi sakit.

Updated: 2 Desember 2023 — 9:18 pm