Liburan Lebaran, Ada Bermacam Pertunjukan Rekreasi dan Seni Budaya di Banyuwangi

mokapog Banyuwangi – Aktor rekreasi di Kabupaten Banyuwangi siap-siap menyongsong liburan Lebaran 2022. Beragam pertunjukan rekreasi dan pergelaran seni budaya akan didatangkan. Seperti Barong Ider Bumi, sebuah adat ritus tolak bala oleh Suku Osing di Dusun Kemiren, Kecamatan Glagah. Barong Ider Bumi diadakan setiap hari ke-2 Lebaran.

Tarian Seblang Olehsari yang disebut ritus tiap bulan Syawal akan diadakan. Tarian Seblang akan diadakan di Dusun Olehsari, Kecamatan Glagah. Adat Seblang umumnya diawali semenjak 3 Syawal, dipercayai ‎bisa hilangkan mara bahaya dan pagebluk.

Disamping itu, ada pula Puter Kayun yang disebut seni budaya adat masyarakat Boyolangu, Kecamatan Giri. Umumnya diadakan saat masuk hari ke sepuluh Syawal. Puter kayun ialah ritus memenuhi janji masyarakat Boyolangu ke beberapa nenek moyang yang sudah berjasa buka jalan di teritori utara Banyuwangi.

Mereka lakukan napak tilas dengan naiki delman hias dari Boyolangu ke arah Watu Dodol. Tidak itu saja, beragam hotel di Banyuwangi mempersiapkan pertunjukan rekreasi pada tempat mereka.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan, pemerintahan sudah meluluskan warga lakukan mudik. Sesudah 2 tahun berturut-turut dilaksanakan larangan karena pemerlakukan limitasi aktivitas warga (PPKM). Diprediksikan terjadi kenaikan lawatan pelancong pada periode Lebaran tahun ini.

Pemkab bersama beberapa aktor rekreasi mempersiapkan diri untuk menyongsong pelancong

Ini momen untuk kebangunan ekonomi Banyuwangi. Harus kami siapkan secara baik. Pemkab bersama beberapa aktor rekreasi mempersiapkan diri untuk menyongsong pelancong, tutur Ipuk dalam tayangan jurnalis diterima redaksi, Jumat (29/4/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda menjelaskan, faksinya sudah melangsungkan rapat bersama pengurus tujuan rekreasi di Banyuwangi. Ada beberapa hal yang disetujui untuk diaplikasikan pada liburan panjang Idul Fitri. Satu diantaranya setiap tujuan akan diadakan pertunjukan seni dan budaya yang lain setiap lokasi.

Ini dalam rencana menghindar terjadi penimbunan pengunjung di salah satunya tujuan tertentu. Dengan adanya banyak macam selingan yang dibikin setiap tujuan, pengunjung akan banyak memiliki opsi untuk ingin bertandang ke situ, tutur Ipuk.

Bramuda memprediksi jumlah pengunjung akan capai 40 ribu orang

Bramuda memprediksi jumlah pengunjung di tujuan rekreasi akan capai 40 ribu orang selama saat liburan Lebaran tahun ini.

Adapun tujuan yang akan jadi favorite pelancong salah satunya Kawah Ijen, Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan Grand Watu Dodol (GWD), kata Bramuda.

Dalam pada itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Banyuwangi Zaenal Muttaqin menambah, semua anggota PHRI semangat menyongsong berlibur panjang Lebaran tahun ini. Ia optimis tahun ini tingkat tempat tinggal hotel dapat maksimal.

Misalkan, kami bekerjasama dengan travel agent dan pokdarwis tawarkan paket rekreasi ke beberapa tamu, hingga selainnya nikmati staycation di hotel, mereka ada juga pertunjukan yang lain, katanya.

Menurut dia, kreasi pengurus hotel dan restaurant benar-benar sangat dibutuhkan untuk menghindar kejenuhan beberapa pengunjung.

Apa lagi sekarang ini telah ada penerbangan langsung Banyuwangi-Jakarta atau Banyuwangi-Madura yang membesarkan kesempatan berlangsungnya kenaikan lawatan ke Banyuwangi. Pasti pengurus hotel dan restaurant harus terus berbenah menyuguhkan service yang makin baik, ujarnya.

Updated: 4 Desember 2023 — 9:07 pm