Beratus Seniman Akan Tampil dalam Indonesian Art and Cultural di Demak

Beratus Seniman Akan Tampil dalam Indonesian Art and Cultural di Demak

Seni & budaya

Mokapog.com – Beberapa ratus seniman se-Indonesia akan tampil dalam Indonesian Art and Cultural Festival untuk menyongsong HUT ke-519 Kabupaten Demak, Jawa tengah. Aktivitas yang berjalan di Wisma Halim Demak pada 10-13 Maret 2022 gagasannya dibuka dengan cara resmi oleh Kepala Staff Kepresidenan, Moeldoko.

Pada pucuk acara yaitu hari ke-3 akan disongsong oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dilanjut dengan panggung kreasi dari beberapa ratus seniman se-Indonesia.

Beberapa pengunjung harus memakai program pedulilindungi untuk dapat masuk lokasi yang mengaplikasikan prosedur kesehatan ketat. Kodim Demak akan menyiapkan posko vaksinasi gratis di lokasi . Maka, untuk warga yang belum lakukan vaksin dapat lakukan di situ, kata Dandim 0716/Demak Letkol CZI Individu Setya Pratomo diambil Rabu (16/2/2022).

Sementara Trisya Suherman sebagai ketua umum Yayasan Global CEO Indonesia yang melangsungkan acara mengatakan akan berusaha untuk membuat bidang pariwisata dan budaya Indonesia supaya dilihat elite oleh dunia.

Ketua Komunitas Demak Inovatif (FDK), Ershad Salam mengatakan, Demak bisa menjadi pusat kebudayaan di zaman seterusnya.

BUDAYA SETEMPAT KABUPATEN DEMAK

Beratus Seniman Akan Tampil dalam Indonesian Art and Cultural di Demak

A. KESENIAN

  1. Seni Tari Zipin
  2. Seni Kentrung
  3. Rebana
  4. Karawitan
  5. Wayang Kulit
  6. Wayang Orang
  7. Ketoprak
  8. Barongan
  9. Kaligrafi

B. BUDAYA

  1. Acara Ruwatan
  2. Megengan
  3. Syawalan
  4. Grebeg Besar
  5. Grebeg Suro
  6. . Apitan / Sedekah Bumi
  7. Kirab Budaya

KEARIFAN LOKAL BUDAYA KABUPATEN DEMAK

Demak Kota wali sarat dengan adat dan seni budaya, menjadi rutinitas warga Demak untuk mnguri nguri budaya nenek moyang sebagai tradisi istiadat yang membandingkan Demak dengan wilayah lainnya. Adat tersibut sesuaikan kearifan budaya lokal di tempat sebagai satu daya magnet rekreasi sebagai keunikan Kabupaten Demak. Apa kearifan budaya lokal yang berada di Kab. Demak :

  • Syawalan atau sedekah laut
  • Apitan atau sedekah bumi
  • Grebeg besar
  • Suronan
  • Maulidan
  • Megengan
  • Takbir Mursal Hari raya idul Fitri