Seni Budaya Sebagai Penyatu Bangsa

Seni Budaya Sebagai Penyatu Bangsa

Seni & budaya

mokapog.com – Assisten II Sektor Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sektretaris Wilayah Kabupaten Kayong Utara, Ronny Iswandi mendatangi aktivitas publikasi pembimbingan seni budaya, di aula Bank Kalimantan barat, Sukadana, Kamis (31/3/2022).

Dalam aktivitas itu, ronny menjelaskan menjadikan seni budaya sebagai penyatu bangsa.

Masalahnya kata ronny, ini searah dengan pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengeluarkan bunyi Negara lebih memajukan kebudayaan Nasional ditengahnya peradapan dunia, dengan jamin kebebasan warga dalam memiara dan meningkatkan nilai-nilai budayanya.

Saat ini seni budaya sisi paling penting

Saat ini seni budaya sisi paling penting untuk kita dalam jalankan kehidupan berkebangsaan dan bernegara.

Maka dari itu, pergelaran seni budaya ini bukanlah semata-mata untuk di saksikan, tetapi karena dalam seni budaya itu terdapat nilai-nilai kebersama-samaan, kesolidan dan kecocokan hingga membuat suatu hal yang cantik, kata Ronny.

Ronny menambah kesenian tradisionil tetap harus dilestarikan di beberapa wilayah.

Kesenian tradisionil yang ada di beberapa wilayah di indonesia tetap harus lestari dan dijaga janganlah sampai musnah dengan memberi peluang pada seni budaya tradisionil untuk berkembang, lebih Ronny.

Karena itu, Ronny mengharap aktivitas publikasi pembimbingan kebudayaan bisa menjadi sarana untuk tumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam usaha mengeruk, melestarikan dan meningkatkan nilai-nilai budaya yang hidup dan tumbuh dan berkembang di kehidupan warga.

Saya memberi animo atas terlaksananya aktivitas publikasi pembimbingan seni budaya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam memberikan dukungan budaya kearifan lokal yang berada di Kabupaten Kayong Utara, tutur ronny.

Budaya Sebagai Penyatu Bangsa

Seni Budaya Sebagai Penyatu Bangsa

Masih juga dalam kerangka Bulan Bung Karno, Gelar Seni Budaya Wilayah tahun 2021 kembali dikerjakan. Acara bertema ‘Budaya Penyatu Bangsa’ ini berjalan sepanjang 2 hari, 20 – 21 Juni 2021.

Pada hari ke-2 ini dihidangkan beragam penampilan lagu dan gabungan suara yang disertai oleh Art Sympony Orchestra. juga teatrical dari kombinasi sanggahr seni, tari, break dance dan komune Ganongan K ediri.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana atau yang dekat dipanggil Mas Bup, menerangkan, Juni ialah bulan Bung Karno karena pada bulan berikut si proklamator lahir di tahun 1901 dan wafat 51 tahun lalu.

Gelar Seni Budaya dalam rencana Bulan Bung Karno

Karena itu saya pikir tidak ada kelirunya Pemerintahan Kabupaten Kediri memberi penghormatan ke si Proklamator lewat acara ini. Beragam warisan riwayat dan bermacam kesenian yang diperlihatkan sepanjang dua ini hari, memperlihatkan budaya di Kabupaten Kediri benar-benar kental sekali. Budaya ini diharap bisa menyambung kebhinnekaan, budaya sebagai penyatu bangsa, kata Mas Bup.

Ingat masih di periode wabah, Gelar Seni Budaya dalam rencana Bulan Bung Karno ini dikerjakan lewat virtual dan ditayangkan langsung lewat Youtube Dhito Pramono dan Kominfo Kediri dan Live [email protected] Berkaitan ini, Mas Bup kembali menghimbau warga untuk disiplin mengaplikasikan prosedur kesehatan.

Keadaan covid sedang tidak bagus di Kabupaten Kediri. Tersedianya bor bertambah, dalam seminggu naik 20%. Jika hal ini selalu terjadi 2-3 minggu depan, rumah sakit dapat collaps. Ini jadi masalah yang perlu dituntaskan pemerintahan, dan tentu saja warga harus sadar benar akan bahaya Covid-19. Taati prosedur kesehatan dalam tiap peluang, tegas Mas Bup.